Monday, May 9, 2016

Manfaat Ikan Gurame untuk Kesehatan Tubuh

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi masyarakat. Ini dikarenakan ikan gurame memiliki rasa yang gurih dan berbeda dengan jenis ikan lainnya. Saat ini terdapat aneka ragam olahan dari ikan gurame dengan cita rasa yang berbeda satu sama lain. Misal olahan ikan gurame bakar saus pedas manis, ikan gurame bakar asam manis, dan banyak lagi. Ikan yang satu ini memang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis ikan tawar lainnya.

Selain rasanya yang lezat, ikan gurame ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Di dalam ikan gurame ini terdapat banyak protein yang baik untuk tubuh. Selain terdapat kandungan protein, ikan gurame sendiri juga mengandung banyak nutrisi lainnya seperti lemak, kandungan vitamin, dan banyak lagi. Sebagai informasi kepada Anda, di bawah ini terdapat beberapa manfaat ikan gurame bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Ikan Gurame untuk Tubuh

Membantu dalam Perkembangan Otak

Manfaat ikan gurame yang pertama adalah membantu dalam proses perkembangan otak. Tak hanya ikan salmon saja, ikan gurame mengandung asam lemak omega 3. Perlu diketahui bahwa asam lemak omega 3 sendiri baik untuk membantu proses perkembangan dari sel otak, terlebih lagi bagi para anak-anak. Terbukti berdasarkan penelitian yang ada bahwa anak-anak yang mendapatkan asupan dari asam lemak omega 3 akan baik untuk kecerdasan otak mereka.

Membantu dalam Proses Pertumbuhan Otot

Manfaat ikan gurame untuk tubuh berikutnya adalah membantu dalam proses pertumbuhan otot. Selain membantu dalam perkembangan otak, ikan gurame ternyata juga memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhan otot. Seperti pada penjelasan di atas bahwa ikan gurame mengandung protein yang cukup tinggi di dalamnya. Dengan kadar protein tersebut sangat baik untuk proses pertumbuhan otot pada tubuh. Untuk sumber makanan lainnya yang mengandung banyak protein seperti putih telur.

Membantu dalam Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain membantu proses pertumbuhan, ikan gurame juga memiliki manfaat untuk mempercepat dalam proses penyembuhan luka. Protein yang terdapat di dalam ikan tawar ini digunakan tubuh sebagai unsur tromboplastin dan juga fibrinogen. Adapun fungsinya adalah untuk membantu proses pembekuan  darah apabila terjadi luka. Dengan begitu apabila Anda jatuh dan luka maka proses penyembuhan akan lebih cepat.

Menghaluskan Kulit

Manfaat ikan gurame berikutnya adalah menghaluskan kulit. Manfaat lain dari kandungan protein adalah menjaga serta menghaluskan kulit. Fungsi protein ini akan lebih bauk dalam penyerapannya apabila diolah dalam tubuh. Nah untuk memiliki kulit cantik, jangan lupa untuk mengonsumsi buah, sayuram, dan yang pasti jangan lupa mengonsumsi ikan gurame ke dalam menu harian Anda.

Mencegah Penyakit Degeneratif

Ikan gurame ini juga dikenal guna membantu dalam mencegah penyakit berbahaya seperti kanker, tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan juga ancaman penyakit jantung coroner. Nah untuk menjaga hidup sehat dan menghindari penyakit berbahaya tersebut, jangan lupa mengonsumsi ikan gurame secukupnya pada menu harian Anda.

Mengganti Sel-Sel Rusak pada Tubuh

Manfaat ikan gurame yang terakhir dalam pembahasan ini adalah mengganti sel tubuh yang rusak. Berdasarkan penelitian yang ada bahwa ikan gurame mempunyai kemampuan dalam membantu mengganti sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Hal ini pastinya akan sangat cocok dengan kandungan proteun di dalamnya. Nah untuk itu konsumsi ikan gurame agar tubuh Anda tetap bugar dan sehat.


Baca

No comments:

Post a Comment